Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Dasar

Assalamu’alaikum Wr.wb.
Tidak ada yang pantas kita ucapkan pada kesempatan yang berbahagia ini, selain syukur yang mendalam ke hadirat Allah Swt, yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga keselamatan, kesehatan, dan panjang umur masih dapat kita rasakan.
Selaku Kepala Dinas dan segenap jajaran kami mengucapkan selamat dan sukses atas lustrum SMP Negeri 1 Bantul yang ke-11. Semoga di usianya yang terhitung sudah cukup matang ini SMP Negeri 1 Bantul dapat segera mewujudkan mimpinya untuk menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Amin.
Harus disadari bahwa untuk menuju Sekolah Bertaraf Internasional tentu membutuhkan persiapan khusus. Hal ini dimasudkan agar SBI bukanlah sekadar formalitas–legal yang hanya menjadi icon kebanggaan dalam dunia pendidikan. SBI menuntut konsekuensi logis dalam penyelenggaraannya. Kualitas sekolah akan menjadi indikator pencapaian yang penting
Kami yakin, SMP Negeri 1 Bantul telah berusaha dengan sunguh-sungguh untuk memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Para Guru telah dibekali kemampuan berbahasa Inggris sebagai pengantar dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan tambahan wawasan dilaksanakan kegiatan studi banding, bahkan sampai ke luar negeri. Kurikulum, sarana prasarana, pengelolaan, juga dipersiapkan sedemikian rupa untuk memenuhi standar internasional.
Dalam penyelenggaraan SBI, kita tidak hanya berkiblat pada skala internasioal. Akar tetapi, harus tetap menjunjung tinggi budaya lokal. Potensi lokal tidak boleh diabaikan, tetapi justru harus dijadikan aset yang bisa ditawarkan ke dunia internasional. Tepat kiranya apabila batik yang menjadi kebanggaan masyarakat Bantul dijadikan sebagai muatan lokal wajib bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Bantul. Hal ini dapat memperdalam tingkat apresiasi siswa terhadap warisan budaya luhur sehingga cinta budaya sendiri dapat ditanamkan pada generasi anak bangsa yang ke depan akan menjadi pemimpin negeri ini.
Di samping itu, sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, kita harus tetap mengedepankan karakter kita sebagai Bangsa Indonesia. Untuk itu, sekolah harus mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Kita mengharapkan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Dengan demikian pendidikan kita akan memiliki kulitas internasional yang tetap mempertahankan karakter bangsa. Artinya, kita harus tetap menggunakan kearifan lokal untuk menghadapi era global.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga SMP Negeri 1 dapat menjadi kebanggaan bagi dunia pendidikan di Bantul. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar
Kabupaten Bantul

Drs. H. Sahari


 
© 2005 SMPN 1 Bantul
Jl. RA. Kartini No. 44 Bantul Yogyakarta
Design by yesjogja